F.A.Q.

Berikut ini adalah beberapa pertanyaan mengenai CCTV yang sering ditanyakan:

1. Apa saja komponen yang dibutuhkan untuk pemasangan CCTV?

-Komponen CCTV konvensional yaitu: DVR (Alat rekam), Harddisk (media penyimpanan), Kamera, Adaptor, Kabel CCTV, dan perlengkapan pendukung lainnya seperti konektor. Komponen-komponen tersebut sudah bisa anda dapatkan secara langsung jika membeli Paket CCTV dari kami.

2. Apakah semua tempat bisa dipasang CCTV?

-Secara umum bisa asalkan ada sumber listrik dan ada media yang dapat dilalui kabel (tembok, tanah). Atau jika diperlukan bisa menggunakan teknologi wireless P2P untuk lokasi yang ekstrim.

3. Bagaimana kualitas gambar dan luas jangkauan CCTV? Apakah bisa di zoom?

-Untuk standar resolusi kamera CCTV yang dijual saat ini adalah 2MP/1080p. Jika memerlukan kualitas yang lebih bagus, maka ada juga resolusi 4MP, 5MP maupun 8MP.
-Untuk standar jangkauan CCTV efektifnya adalah 10-20 meter dari objek, dengan lebar sudut sekitar 100o-110o.
-Untuk kamera standar, zoom yang bisa dilakukan adalah zoom gambar/digital, bukan seperti zoom lensa kamera/optical. Jika memerlukan zoom optical maka diperlukan kamera khusus dengan spesifikasi zoom lensa.

-Contoh perbandingan 2MP & 5MP:

                                    2MP                                                                               5MP

 

 

3. Apakah CCTV bisa terlihat pada malam hari / gelap?

-Bisa, untuk CCTV dengan tipe standar, pada malam hari / jika kurang cahaya maka gambar akan menjadi hitam putih. Namun ada tipe tertentu yang juga bisa berwarna pada kondisi gelap total sekalipun. Berikut ini contohnya:

CCTV Standar (Kondisi gelap total)                                                CCTV ColorVu (Kondisi Gelap Total)

4. Berapa lama CCTV dapat menyimpan rekaman?

-Umumnya dengan kapasitas penyimpanan 1TB (1000GB) dengan 4 kamera dapat menyimpan selama 2 Minggu. Lama waktu tersebut juga dapat berubah menyesuaikan dengan kondisi lokasi, misalnya tinggi rendahnya resolusi kamera, banyak sedikitnya gerakan, pengaturan kualitas rekaman, dll.
Jika ingin menghitung perkiraan sendiri, kami rekomendasikan untuk mengunjungi website berikut: https://www.seagate.com/id/id/video-storage-calculator/

5. Bagaimana sistem perekaman CCTV?

-Umumnya rekaman akan terhapus otomatis setelah kapasitas penyimpanan penuh. Misalkan 4 kamera dengan penyimpanan 500GB dapat merekam selama 7 hari dari hari Senin - Minggu, maka untuk dapat menyimpan rekaman di hari Senin berikutnya, sistem akan menghapus rekaman di hari Senin yang sebelumnya secara sedikit demi sedikit.

6. Apa perbedaan CCTV konvensional dan wifi?

-CCTV konvensional memerlukan kabel CCTV untuk menghubungkan dari Kamera ke DVR (Alat rekam). Semakin banyak Camera yang digunakan, semakin banyak juga tarikan kabel yang diperlukan.

Untuk CCTV Wifi, hanya diperlukan WIFI dan sumber listrik terdekat untuk menyalakan kamera tersebut. Namun perlu diperhatikan bahwa jangkauan dan kecepatan WIFI sangat berpengaruh di sistem kamera WIFI.

Saran kami jika anda memerlukan 1-2 kamera dan terdapat wifi di lokasinya, anda bisa memilih kamera WIFI untuk sistem yang lebih ringkas. Namun jika anda memerlukan lebih dari 2 kamera, kami sarankan tetap menggunakan sistem CCTV konvensional karena akan lebih stabil dan tersentralisasi dengan baik.

7. Apakah CCTV bisa dipantau melalui HP?

-Bisa asalkan di lokasi pemasangan CCTV nya terdapat akses internet. Untuk sistem CCTV konvensional perlu akses internet via kabel seperti Indihome, Biznet. Sedangkan sistem CCTV WIFI hanya perlu mendapatkan sinyal wifi yang kuat.

8. Apakah harga CCTV sudah termasuk pemasangan?

-Jika anda membeli paket CCTV dari Solo CCTV, maka anda akan langsung mendapatkan jasa pemasangan CCTV tanpa perlu membayar biaya tambahan untuk jasa instalasi standar.

9. Bagaimana garansinya?

-Untuk garansi unit DVR, HDD, Kamera 1 (satu) tahun, dan untuk garansi instalasi dan material pendukung lainnya 3 (tiga) bulan.
Garansi tidak berlaku jika terkena force majeure (bencana alam, banjir), korsleting, terkena petir, dan kesalahan pengguna.

10. Bagaimana cara agar CCTV tidak mudah rusak?

-i. Pastikan tegangan listrik di lokasi anda stabil. Gunakan stabilizer / UPS jika perlu
 ii. Gunakan jenis CCTV sesuai penggunaannya: Camera Indoor untuk penggunaan khusus di dalam ruangan dan Camera outdoor untuk penggunaan di luar ruangan
 iii. Jika perlu, gunakan kabel duct / pipa untuk melapisi instalasi kabel agar lebih aman dan tahan lama dari cuaca dan faktor lain (tikus, dll)

Anda memiliki pertanyaan lain? Silahkan langsung hubungi kami via:

WA/Call: (0271) 625348 atau 081 2292 2364

Jl. IR Soekarno 36B Solo Baru   

Pembayaran

  • BCA
  • No. Rekening : 015 1483 461

    a/n Nenny Juniarty

  • Mandiri
  • No. Rekening : 138 000 668 1147

    a/n Nenny Juniarty

Tentang Kami

© 2021 www.solocctv.co.id